Thu, 02 Feb 2023

Seputar Jawa Barat, 19 Jan 2023 18:19 - 1 minggu yang lalu

Pemerintah Desa Sukalilah Cibatu Garut Gelar Musrenbangdes Tahun 2024

  • Zola

Klikjabar

0 suka
90 dilihat
0 komentar
Seputar Jawa Barat
image

KLIKJABAR.ID - Desa Sukalilah Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut menggelar acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan RKPDes Tahun Anggaran 2024, di aula desa setempat, Rabu (08/01/2023).

Musrenbang dihadiri unsur Pemerintah Kecamatan Cibatu, kepala desa, babinsa, bhabinkamtibmas, BPD, LPM, para ketua RW dan RT, pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), kader TP PKK dan posyandu serta tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Sukalilah, Syarifudin menyampaikan capaian pembangunan desa pada tahun 2022 dan rencana kerja tahun 2023 diantaranya pembangunan Jalan Stasiun di RW 06, Jembatan di wilayah RW 12, Program Ketahanan Pangan, Tembok Penahan Tanah (TPT) dan lainya yang akan direalisasikan berdasarkan aspirasi masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua BPD Sukalilah Entis Sutisna, turut mengamini dengan apa yang disampaikan kepala desa. Ia juga meminta pembangunan di desa jangan hanya difokuskan kepada sarana fisik saja, melainkan harus ada program prioritas terhadap pemulihan ekonomi nasional.

"Allhamdulilah BUMDes telah terbentuk, mari dukung bersama agar bisa berkembang, bahkan maju. Ini diharapkan bisa mendongkrak PAD di desa kita," kata Entis.

Sementara itu, Pendamping Desa Sukalilah, Encep, mengarahkan program prioritas untuk tahun 2024 jangan sampai tidak maksimal, kurang tepat sasaran atau kurang dirasa manfaatnya oleh warga masyarakat. Ia meminta agar memilih program pembangunan itu dengan sekala prioritas.

Paparan akhir disampaikan Ketua BUMDes Mawar Rahayu Desa Sukalilah, Asur yang menyampaikan program BUMDes kedepan. Asur menyebutkan, bahwa keberhasilan BUMDes bukan oleh pengurus semata, tapi dorongan dari semuanya.

"Dana yang akan dikucurkan di tahun 2023 senilai Rp30 juta, akan di disesuikan dengan rencana kebutuhan anggaran untuk langkah awal. Dana ini akan dialokasikan dahulu dalam perbaikan sarana BUMDes dan kelengkapan secara administrasi. Baik sarana prasarana pendukung seperti ATK, laptop dan lainya," papar Asur.

Asur menyampaikan, pengurus BUMDes telah merencankan untuk membangun desa wisata kedepanya. Memang, kata dia, hal ini memerlukan dana yang cukup besar. Akan tetapi jika didukung oleh semua pihak, baik pemerintahan desa, investor dan seluruh lapisan masyarakat, hal ini bisa terealisasi.

BUMDes Mawar Rahayu Desa Sukalilah, imbuh dia, akan mendorong dan memfasilitasi kepada para pelaku usaha kecil, jika ingin memiliki label halal produknya.

"Insya Allah siap dibantu prosesnya. Dengan harapan, agar kemajuan di wilayah Desa Sukalilah Cibatu Garut ini mengalami perubahan ke arah yang lebih baik," pungkasnya. (Opan)

Tags:

Komentar

Belum ada komentar !

Kirim Komentar

Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu